Selasa, 27 Desember 2011

Cara Meniup Trumpet

Susah-susah mudah bagi orang awam untuk meniup trumpet. trumpet mempunyai cara tersendri untuk dimainkan. banyak orang yang tidak bisa meniup trumpet banyak pula orang yang binggung untuk meniupnya. kenapa sih trumpet kok sulit ditiup? trumpet kalo sekedar ditiup saja tidak akan mengeluarkan suara, tetapi apabila meniupnya dengan cara menggetarkan bibir pasti trumpet itu akan bunyi.

tetapi tidak hanya menggetarkan bibir saja melainkan banyak cara untuk mendalami meniup trumpet.
1. menggetarkan bibir
2. mengenali nada
3. semakin naik nada semakin menipiskan bibir
4. halus dan kerasnya suara

1. Menggetarkan Bibir
melalui cara yang paling pertama yaitu menggetarkan bibir, tidak sulit untuk menggetarkan bibir. masih ingat saat kita masih kecil yaitu sering main mobil-mobilan, motor-motoran dan menirukan suara yang menggeram. contoh saat kita menirukan suara tersebut pasti bibir kita secara otomatis bergetar untuk mendapatkan bunyi yang kita tirukan. seperti itulah cara awal meniup trumpet.

2. Mengenali Nada
nada yang kita kenali semenjak kita kecil adalah ada 7 yaitu do, re, mi, fa, sol, la, si. sama juga dengan mengenali nada. nada dasar yang kita kenali dari kecil pasti dipakai dalam peniupan trumpet. bagaimana sih mengenali nada?
untuk mengenali nada kita harus tahu posisi nada itu, apakah nada itu rendah atau nada itu tinggi, dalam tangga nada terbagi nada dasar yaitu do sampai si, didalam itu juga bukan sekedar mengucapkan saja tetapi juga harus mempunyai aturan yaitu do lebih tinggi dari re, re lebih tinggi dari mi, begitu juga sampai dengan si.

3. Semakin Naik Nada Semakin Menipiskan Bibir.
kita sudah mengetahui tangga nada dan kita secara pasti tahu tinngi rendahnya nada. pada latihan olah vokal sering kita jumpai tekhnik bernyanyi. banyak juga cara untuk menghasilkan nada yang benar dan tidak fals. begitu pun trumpet. untuk meniup nada do caranya seperti meniup lilin tetapi kalau meniup trumpet bibir digetarkan. dengan cara itu pasti akan bisa meniup nada do. bagaimana meniup nada re sampai si? meniupnya juga sama tetapi kalau semakin tinggi nada maka semakin menipiskan bibir. bagaimana sih menipiskan bibir? menipiskan bibir yaitu menemukan antara bibir atas dan bibir bawah kemudian dilipat kedalam.
 
4. Halus dan Kerasnya Suara
dinamika dalam permainan terumpet juga harus dipelajari. bagaimana kita meniup saat pelan dan saat keras.
ada 3 cara tiupan:
1. smooth : meniup pelan sekali dan sehalus mungkin. caranya mengeluarkan udara pada saat meniup trumpet sekecil mungkin.
2. messo forte : meniup sedang. caranya mengeluarkan udara yang sedang
3. forte : meniup keras. caranya mengeluarkan udara dengan semaksimal mungkin
 

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More